Selasa, 21 Juni 2011

Realita

PANDANGAN TENTANG MANUSIA

Teori Realita atau Teori Kontrol bertumpu pada suatu keterangan bahwa perilaku manusia adalah bertujuan dan berasala dari dalam dari sisi individu dan bukan dari kekuatan luar. Meskipun kekuatan dari luar memiliki pengaruh pada keputusan yang kita ambil, perilaku kita tidaklah disebabkan oleh faktor lingkungan ini. Melainkan kita dimotivasi sepenuhnya oleh kekuatan dari dalam dan semua perilaku kita adalah usaha kita yang terbaik untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dan dengan itu bisa kita mendapatkan kontrol yang efektif atas hidup kita.

PERKEMBANGAN TINGKAH LAKU

Dalam lokakaryanya Glasser sering kali menjelaskan konsep perilaku total dengan jalan membandingkan bagaimana kita berfungsi dengan bagaimana mobil berfungsi seperti halnya keempat roda mobil yang membawa arah mobil berjalan demikian juga halnya komponen dari perilaku total kita menetapkan arah hidup kita. Komponen dari perilaku total itu adalah berbuat (atau perilaku aktif seperi bangun tidur dan berangkat kerja); berpikir (pendapat dan pertanyaan tentang diri sendiri); merasakan (seperti amarah, rasa senang, kepedihan, depresi dan kecemasan); dan fisiologi (seperti berkeringan dingin atau pengembangan gejala psikosomatik). Meskipun komponen behavioral ini selalu menyatu untuk membuat suatu perilaku yang penuh atau total, selalu ada satu yang lebih  menonjol dari yang lain (W. Glasser, 1989). Teori kontrol bertumpu pada suatu asumsi bahwa memiliki perilaku total tanpa memilih semua komponennya merupakan hal yang tidak mungkin. (Glasser,1989) memberi tekanannya “ kedua roda depan”  (membuat dan berpikir), yang menyetir kita, seperti halnya kedua roda depan mobil yang menentukan arah laju mobil. Secara langsung mengubah cara kita merasakan terpisah dari apa yang kita lakukan atau pikirkan merupakan hal yang susah dilakukan. Meskipun demikian, kita hampir memiliki kemampuan yang lengkap untuk mengubah apa yang kita lakukan dan pikirkan apapun yang nanti mungikn bisa kita rasakan. Oleh karena itu, kunci yang bisa mengubah perilaku total terletak pada pemilihan untuk mengubah apa yang kita lakukan dan pikirkan, jadi mengubah reaksi emosional dan psikologis dalam proses itu.


 CIRI-CIRI TEORI REALITA
Teori Realita atau Kontrol memberikan kerangka konseptual terhadap terapi realita. Teori ini mendasari prinsif dan praktek yang diaplikasikan oleh konselor pada usaha menolong orang agar bisa berubah. Beberapa dari ciri yang menonjol dari teori realita adalah seperti yang dilukis pada dibawah ini. Bahasan yang lebih mendetail tetang lingkungan dan prosedur konseling (dikenal dengan “Daur Konseling”).


Download Artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar